Senin, 17 Mei 2010

Kontingen Tandak Intan Raih Juara Favorit

KASONGAN,PPOST
Kontingen Festival Tandak Intan Kaharingan dari Kabupaten Katingan yang berlaga di tingkat Provinsi Kalteng di Palangka Raya, berhasil meraih juara favorit.Piala favorit disampaikan oleh ketua Lembaga Pengembangan Tandak dan Upacara Keagamaan Umat Hindu Kaharingan (LPT-UKUK) Kabupaten Katingan, Drs Kundit U Junas kepada Bupati Katingan yang diterima langsung oleh Sekda Katingan, Ir Christantwo T Ladju, Sabtu (15/5) di ruang rapat bupati.
"Kontingen Tandak Intan kita secara membanggakan mendapatkan juara favorit se-Kalteng, ini merupakan prestasi yang terbaik yang pernah Katingan raih," kata Kundit.
Sekda Katingan Ir Cristantwo T Ladju MM, menyambut baik hasil yang dicapai dalam lomba di tingkat provinsi ini dan memberikan apresiasi atas prestasi yang mengharumkan nama baik daerah ini.
"Pemerintah daerah sangat menyambut baik kegiatan keagamaan ini, hal ini penting dalam rangka membina keamanan dan ketaqwaan Tuhan dengan tetap memperhatikan kearifan lokal karena ada unsur kebudayaan lokal yang harus dijunjung tinggi dan dihargai, " kata Cristantwo.
Ia juga berharap, prestasi yang telah diraih ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan, untuk itu perlu upaya lanjutan untuk melakukan pembinaan.
Pemerintah daerah akan pasti mensufort semua kegiatan keagamaan namun memang harus diakui pendanaan kegiatan keagmaan memang diakui masih kurang.
"Kami dari pemerintah daerah juga meminta maaf terkait pendanaan yang tidak maksimal karena semua segala sesuatunya dibuat secara instant, saya ucapkan selamat apa yang kita lakukan di sana tidak sia-sia,” katanya.
Sementara ketua kontingen, Tuas S.Ag, melaporkan jumlah kontingen, peserta sebanyak 66 orang, official delapan orang, unsur LPT-UKUK tujuh orang dan panitia sebanyak 29 orang sehingga totalnya mencapai 110 orang.
Katingan berlaga di tujuh cabang perlombaan, yakni kandayu perorangan, kandayu beregu, pembacaan kitab suci panaturan, tandak manandak, pandehen, cerdas cermat dan satu cabang eksebisi berupa tarian.
Dari tujuh lomba yang diikuti Katingan berhasil, di lomba kandayau perorangan dewasa putra, kandayu beregu remaja putri, kandayu dewasa putri dan pembacaan kita suci panaturan dewasa putra.
Selain itu, kontingen Katingan juga meraih juara II sebanyak enam trofy yaitu kandayu perorangan remaja putra, pembacaan kita suci panaturan remaja putra, pembacaan kita suci panaturan remaja putri, menandak anak-anak putra, cerdas cermat dan eksebisi tarian.
Sedangkan untuk juara III diraih sebanyak tujuh tropy yakni kandanyu beregu dewasa puteri, kandayu beregu anak-anak putri, kandayu beregu anak-anak putra, kandayu beregu anak-anak putri, pembacaan kitab panaturan anak-anak putri, menandak anak-anak putri dan menyampaikan pendehen tingkat putri.
"Hasil ini menjadikan Kontingen Kabupaten Katingan ditetapkan sebagai juara terbaik festival tandak intan Kaharingan tingkat Provinsi Kalteng tahun 2010 di Palangka Raya sekaligus menjadi juara faporit,” katanya.
Dari hasil ini, panitia juga memberikan insentif kepada para pemenang dalam kegiatan itu berupa uang saku sebesar Rp 200 ribu, dan kepada pemenang diberikan bonus tambahan yakni untuk juara I mendapat Rp 150 ribu per orang, juara II mendapat 100 ribu rupian dan untuk jura III diberikan uang sebesar Rp 75 ribu per orang. nas

0 komentar:

Posting Komentar