Kamis, 25 Februari 2010

Sekilas Teras - Diran


Visi dan Misi Untuk Kepentingan Rakyat
Sejak tahun 2005 masa kepemimpinan A Teras Narang SH dan Ir H Achmad Diran sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng periode 2005-2010, misi pembangunan yang paling difokuskan adalah peningkatan pembangunan bidang infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan ekonomi kerakyatan.
Dalam perkembangan selanjutnya, bidang kepariwisataan dan sejumlah bidang lainnya juga mendapatkan prioritas dengan tidak mengenyampingkan hal-hal prinsip dalam rangka peningkatan taraf hidup masyarakat.
Kebetulan, dan memang harus diakui, di antara gubernur yang pernah memimpin provinsi ini, hanya Agustin Teras Narang yang paling sering mengunjungi rakyatnya hingga ke pelosok pedalaman dan daerah-daerah terpencil di perbatasan, kendati medan yang dilalui cukup sulit dan memakan waktu berhari-hari.
Begitu juga dengan Achmad Diran, tidak kalah seringnya menyambangi rakyat sampai ke daerah-daerah pedalaman untuk melihat, mendengar, menghimpun secara langsung aspirasi masyarakat. Bahkan dalam beberapa kali kesempatan, Diran sanggup semalam suntuk bersama rakyat menikmati pagelaran wayang kulit.
Untuk Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilu Kada) Tahun 2010 ini, Agustin Teras Narang dan Achmad Diran, diperkirakan akan mengusung misi yang tidak jauh berbeda dengan era sebelumnya. Bidang infrastruktur, pendidikan, kesehatan, ekonomi kerakyatan dan kepariwisataan, akan lebih dipertajam lagi. Hal ini karena memang menjadi kebutuhan sangat penting bagi masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan.
Dari sisi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), sejak kepemimpinan Teras-Diran (2005-2010), terjadi kenaikan yang sangat signifikan. Tahun 2005, APBD Provinsi Kalteng hanya mampu berkisar Rp596 Miliar lebih, tahun 2006 naik menjadi Rp903,37 Miliar. Kemudian pada tahun 2007 tembus Rp1,1 Triliun, tahun 2008 naik menjadi Rp1,3 Triliun, dan tahun 2009 kembali meningkat menjadi Rp 1,688 Triliun. Untuk tahun 2010 ini, APBD Provinsi Kalteng mampu menembus Rp2 Triliun lebih.
“Ini suatu keadaan, bukan karena hebatnya Teras dan Diran, atau karena komunikasi dengan DPRD, bukan itu. Tetapi karena kita punya program, visi dan misi yang betul-betul untuk kepentingan rakyat,” ucap Teras Narang.
Diakui Teras, bahwa untuk mencapai sesuatu yang sudah menjadi target, memang tidak mudah, dan merupakan suatu pekerjaan besar. Namun yang paling penting di dalamnya adalah adanya kebersamaan dan sinergitas dari semua pihak untuk “Meneruskan dan Menuntaskan” semua program yang harus dicapai untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat di Provinsi Kalimantan Tengah ini.sya

0 komentar:

Posting Komentar