Kamis, 20 Mei 2010

H Surya Lepas Kontingen Isen Mulang

KASONGAN,PPOST
Wakil Bupati Katingan, H Surya SH, Rabu (18/5) secara resmi melepas Kontingen Isen Mulang Katingan yang akan berlaga pada Festival Budaya Isen Mulang Tingkat Provinsi Kalteng, di Palangka Raya.Dalam sambutan tertulisnya Surya, mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya pengembangan seni budaya, sehingga kekayaan dan keragaman dapat terus dilestarikan.
Dilkatakannya pula, saat ini nilai histori budaya dayak yang cenderung semakin menurun dan kurang dikenal oleh generasi sekarang ini, begitu pula dengan olah raga tradisionalnya, seperti Balugu, Bagasing, Manyipet, Besei Kambe, Ngaruhi dan lainnya hampir punah di masyarakat.
“Melalui festival ini kita berupaya melestarikan budaya untuk generasi muda di masa akan datang,” katanya.
Surya berpesan kepada seluruh kontingen yang diberangkatkan, baik ketua rombongan dan anggota, pelatih dan peserta dapat mengikuti seluruh rangkaian acara dan lomba dengan baik.
Ia berharap, kontingen Katingan dapat menampilkan hasil terbaik untuk meraih prestasi maksimal dengan menjunjung tinggi nilai sportivitas sesuai ketentuan aturan dan penilaian yang ditetapkan panitia.
Namun Surya juga mengingatkan, setiap lomba dan pertandingan, pasti ada kalah dan menang, untuk perlu dibangun semangat bertanding yang tinggi dalam tim guna mencapai kesuksesan.
Prestasi atlet Katingan dalam even ini telah mengembirakan, dimana di tahun 2009 sudah sering ditunjuk mewakili Kalimantan Tengah mengikuti even di tingkat regional dan nasional.
Surya meminta prestasi ini hendaknya terus dipertahankan, sebagai bentuk wujud kepedulian terhadap pelestarian budaya yang beraneka ragam, pemerintah sendiri tetap konsisten dan akan selalu mendukung kegiatan serupa.
“Selamat kepada seluruh kontingen, saya minta jaga nama baik daerah bertandinglah secara sportif untuk meraih prestasi terbaik,” pungkasnya.nas

0 komentar:

Posting Komentar