Kamis, 20 Mei 2010

Kapuas Diperkuat 134 Atlet di Ajang FBIM

KUALA KAPUAS,PPOST
Kabupaten Kapuas menggirimkan 134 atlet untuk bertanding dalam ajang Festival Budaya Isen Mulang tingkat Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2010. Para atlet tersebut dilepas oleh Wakil Bupati Suraria Nahan, Rabu (19/5), yang ditandai dengan penyerahan bendera lambang Kapuas oleh Wabup kepada pimpinan rombongan.
Ketua Kontingen Seni Budaya Kapuas, Edy Lukman Hakim menyatakan, para peserta ini akan mengikuti berbagai mata lomba. Diantaranya lomba olahraga tradisional besei kambe, balogo dan maneweng kayu. Kemudian mobil hias, lomba masakan tradisional serta tari pesisir dan pedalaman. “Kami juga akan mengikutsertakan pemenang putra/putri pariwisata Kapuas untuk mengikuti lomba serupa di tingkat Provinsi Kalteng. Sesuai jadwal Festival Budaya Isen Mulang akan berlangsung mulai tanggal 20-25 Mei,” kata Kadis Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata Kapuas ini.
Suraria Nahan mengatakan, seni budaya tradisional yang telah menjadi warisan nenek moyang secara turun temurun dan hampir tenggelam oleh hadirnya pegaruh moderenisasi sekarang ini. Makanya, Festival Budaya Isen Mulang yang diselenggarakan secara meriah ini nanti adalah salah satu usaha sadar untuk menelusuri dan melestarikan kebudayaan masa lalu.
“Saya percaya dengan diadakan kegiatan ini akan ada persaingan untuk membuktikan siapa yang menjadi terbaik,” jelasnya.
Tahun lalu Kabupaten Kapuas berhasil meraih juara umum ketiga dalam even tersebut. Sehubungan dengan hal itu, kontingen Kapuas didorong untuk meningkatkan prestasi, minimal memertahankannya.
Pada kesempatan ini Suraria berharap kontingen Kapuas dapat menunjukkan kontingen Menteng Panunjung Tarung memiliki potensi sumberdaya manusia yang mampu bersaing. “Tunjukkanlah bahwa daerah kita memiliki potensi wisata daerah yang mampu memberikan kontribusi yang menjanjikan bagi sektor kepariwisataan,” tegasnya.
Melalui kegiatan ini saya juga meminta agar dapat menjalin rasa persatuan dan kesatuan diantara sesama peserta lomba, dimana dapat saling sharing informasi yang positif dan menarik, tandas Suraria.rc

0 komentar:

Posting Komentar