Kamis, 20 Mei 2010

RANGKAIAN HARI JADI FBIM Berpotensi Menarik Wisatawan

PALANGKA RAYA,PPOST
Kegiatan Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) merupakan event tahunan yang digelar di Palangka Raya, Ibu Kota Provinsi Kalteng, dalam rangka menyambut Hari Jadi Provinsi Kalteng setiap tahun. kini telah dimulai. Kini, FBIM telah dimulai dengan peserta merupakan utusan dari semua Kabupaten/Kota se-Kalteng.
Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalteng, Sadar Ardi mengatakan, Festival BIM pada tahun ini diadakan mulai 19-24 Mei 2010, atau bertepatan dengan peringatan Hari Jadi Provinsi Kalteng jatuh pada setiap tanggal 23 Mei, dan di tahun ini merupakan Hari Jadi Kalteng ke-53.
“Pelaksanaan FBIM sudah dimulai dan segala persiapan sudah rampung. Dalam FBIM ini akan diisi dengan berbagai kegiatan olahraga tradisional yang ada di Kalteng, seperti dayung, sepak takraw, sepak sawut, karungut, manyipet, tebang kayu tradisional, tari-tarian, bagasing, besei kambe dan lainnya,” jelas Sadar Ardi di Palangka Raya, Rabu (19/5).
Dikatakan, Festival BIM ini merupakan ajang bagi Kalteng untuk menunjukkan perkembangan pariwisata saat ini, baik secara nasional maupun internasional. Festival BIM yang berlangsung selama enam hari ini merupakan agenda pariwisata utama tahunan di Kalteng untuk menarik minat wisatawan asing maupun dalam negeri. Seluruh daerah di Kalteng sebanyak 13 Kabupaten dan 1 Kota, telah mempersiapkan diri dengan baik untuk ajang tersebut.
“Walaupun masing-masing Kabupaten/Kota di Kalteng pada umumnya memiliki budaya tradisional yang sama, namun nantinya akan dinilai dari sisi keistimewaan dan kekhasan budaya yang ditonjolkan,” jelas Sadar Ardi.wdr

0 komentar:

Posting Komentar