Kamis, 20 Mei 2010

STATISTIK Pertumbuhan Ekonomi Kotim Capai 6,47 Persen

SAMPIT,PPOST
Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalteng, pertumbuhan ekonominya pada tahun 2009 mencapai 6,47 persen. Pertumbuhan ekonomi tersebut melebihi rata-rata pertumbuhan ekonomi Kalteng.“Meningkatnya pertumbuhan ekonomi itu di tandai dengan pembangunan dari tahun ke tahun terus berjalan dengan baik,” kata Bupati Kottim, Wahyudi K Anwar, di Sampit, belum lama ini.
Menurut Wahyudi, tingkat kehidupan penduduk Kottim sudah mulai membaik dan tingkat kemiskinan sudah turun, kondisi seperti ini perlu dipertahankan dan harus lebih ditingkatkan lagi agar tarap kehidupan masyarakat lebih membaik dan mapan.
Pendapatan penduduk Kabupaten Kotim per kapita pada Tahun 2009 yang lalu mencapai Rp 17 juta per tahun. Melihat data tersebut, maka pertumbuhan ekonomi penduduk Kabupaten Kotim termaju dan tertinggi di Kalteng dibandingkan dengan kabupaten lainnya.
“Kalau ada pihak yang mengatakan, pembangunan Kabupaten Kotim jalan di tempat, saya ingin diskusikan kembali hal itu. Sebab data pertumbuhan ekonomi penduduk merupakan dasar hitungan dari Badan Pusat Statistik (BPS) dan tentunya tidak sembarangan dalam melakukan penghitungan,” katanya.
Tingkat kemiskinan di Kabupaten Kotim, diakui Wahyudi, memang masih ada dan itu tidak dapat dipungkiri. Namun seiring dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi penduduk, jumlah penduduk miskin di Kotim berangsur mulai berkurang.
Menurut Wahyudi, jumlah penduduk miskin tidak mungkin bisa hilang dari bumi Kabupaten Kotim selama pendatang baru masih terus berdatangan. Pendatang baru di Kotim ini pada umumnya adalah penduduk yang perekonomiannya belum mapan dan kedatangan mereka tujuannya adalah untuk mencari pekerjaan.
Penanganan masalah penduduk miskin seharusnya jangan sepenuhnya dibebankan ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab), tapi menjadi tugas bersama. Sehingga pembangunan di Kotim ini bisa terus berjalan dengan baik dan berdampak pada kesejahteraan bersama,” ucapnya.
Wahyudi juga ingin agar masyarakat melihat pembangunan di Kotim yang telah dicapai saat ini, salah satu contohnya yakni seperti perbaikan ruas jalan Sampit - Samuda.
“Meski masih ada beberapa titik yang rusak dan belum terselesaikan, namun hal itu telah menjadi Komitmen bagi Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang dan Wakil Gubernur Ahmad Diran untuk bisa menyelesaikannya pada lima tahun yang akan datang, jika kembali menjadi Gubernur, kata Wahyudi.
Pembangunan yang dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan ini, diharapkan dapat membawa dampak yang baik bagi masyarakat dan menjadi kemajuan daerah.ant

0 komentar:

Posting Komentar