Kamis, 07 Juli 2011

BPMDes Rekrut Tenaga Fasilitator PNPM


PALANGKA RAYA – Untuk mengisi kekosongan tenaga Fasilitator Kecamatan (FK) dan Fasilitator Teknik (FT) di seluruh Kecamatan di Kalteng, Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMDes) Kalteng kini merekrut tenaga fasilitator baru. Saat ini telah dilakukan seleksi terhadap sebanyak 200 orang calon, mengingat untuk FK hanya dibutuhkan 85 orang dan FT 43 orang.
Menurut Kepala Bidang Kelembagaan Sosial Budaya dan Pelatihan Masyarakat BPMDes Kalteng, Henoch SH, mereka yang direkrut adalah tenaga teknis dan non teknis lulusan Strata Satu (S1). Pelaksanaan tes pada tanggal 6-8 Juli di Hotel Aman, Palangka Raya, dengan materi psikotes, wawancara, dan focus grup, diskusi atau forum musyawarah.
“Tenaga baru FK dan FT kita rekrut untuk mempercepat program kerja PNPM tahun 2011 ini,” kata Henoch di Palangka Raya, Senin (4/7).
Dijelaskan, kekosongan tenaga FK dan FT ini terjadi karena banyak tenaga fasilitator yang mengundurkan diri, habis masa kontraknya, dan ada yang diberhentikan. Kemudian ada yang keluar karena memilih pekerjaan lain, misalnya lolos tes CPNS dan bidang pekerjaan lainnya.
Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) Kalteng, kata Henoch, saat ini membutuhkan 52 orang tenaga FK dan 77 orang tenaga FT yang akan ditempatkan di 119 kecamatan di Kalteng. Yang di prioritaskan adalah tenaga lulusan S1, supaya dapat bekerja profesional dan mampu bekerja sebagai fasilitator dengan baik.
“Tenaga fasilitator yang baru akan ditempatkan di daerah-daerah terpencil dan menjadi sasaran program pemberdayaan masyarakat ini. Mereka akan bertugas mendampingi masyarakat di Kecamatan PNPM di setiap Kabupaten,” kata Henoch. wdr

0 komentar:

Posting Komentar